Minggu, 08 April 2012

20 Perilaku Durhaka Istri Terhadap Suami

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab perilaku durhaka istri terhadap suami, antara lain :
  1. Kedudukan sosial istri lebih lebih tinggi daripada kedudukan suami,
  2. Istri lebih kaya dari suami,
  3. Istri lebih pandai dari suami,
  4. Watak istri lebih keras dari suami,
  5. Istri berasal dari lingkungan budaya yang menempatkan perempuan lebiih berkuasa daripada suami,
  6. Istri tidak mengerti tuntunan agama yang menempatkan istri dan suami pada ketentuan yang sebenarnya.
Adapun 20 perilaku durhaka istri terhadap suami adalah sebagai berikut :

1. Mengabaikan Wewenang Suami.

Di dalam rumah tangga, istri adalah orang yang berada di bawah perintah suami. Istri bertugas melaksanakan perintah-perintah suami yang berlaku dalam rumah tangganya. Rasulullah menggambarkan seandainya seorang suami memerintahkan suatu pekerjaan berupa memindahkan bukit merah ke bukit putih atau sebaliknya, maka tiada pilihan bagi istrinya selain melaksanakan perintah suaminya.

2. Menentang Perintah Suami.

Di dalam rumah tangga, perintah yang harus dilaksanakan istri adalah perintah suami. Begitu juga larangan yang harus dilaksanakan istri adalah larangan suaminya.
Sabda Rasulullah : " Tidaklah seorang perempuan menunaikan hak Tuhannya sehingga ia menunaikan hak suaminya". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Hadits tersebut tidak serta merta menempatkan kedudukan suami sederaja dengan Tuhan, tetapi hanya menerangkan bahwa jika hak suami untuk ditaati isstrinya yang sesuai dengan ketentuan Allah itu dilanggar oleh istrinya, ini berarti sama dengan istri melanggar perintah Allah SWT.

3. Enggan Memenuhi Kebutuhan Seksual Suami.

Perkawinan diatur oleh syari'at Islam untuk memberikan jalan yang halal bagi suami dan istri untuk melakukan hubungan seksual atau penyaluran dorongan biologis. Dengan demikian manusia dapat melakukan regenerasi keturunan dengan cara yang diridlai Allah SWT.
Karena itu, Islam menegaskan bahwasanya istri yang menolak ajakan suaminya berarti membuka pintu laknat terhadap dirinya.

4. Tidak Mau menemani Suami Tidur.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : " ... Bila seorang istri semalaman tidur terpisah dari ranjang suaminya, maka malaikat melaknatnya sampai Shubuh."

Bila istri ingin tidur sendiri, sedang suaminya berada di rumah pada malam harinya, maka ia harus meminta ijin terlebih dahulu pada suaminya.

5. Memberatkan Beban Belanja Suami.

Allah SWT telah menegaskan bahwa setiap suami bertanggung jawab memberi nafkah istrinya sesuai dengan kemampuan. Istri yang menyadari bahwa suaminya miskin tidak dibenarkan menuntut belanja dari suaminya hanya mempertimbangkan kebutuhannya sendiri sehingga memberatkan suaminya.

6. Tidak Mau Bersolek Untuk Suaminya.
Para istri diperintahkan untuk berkhidmat pada suaminya, termasuk mengurus dirinya sendiri dengan berhias dan berdandan sehingga dapat menyenangkan hati suaminya dan menimbulkan gairah dalam hidup bersama dirinya.

7. Merusak kehidupan Agama Suami.
Istri diperintahkan untuk membantu suaminya dalam menegakkan kehidupan beragama, sedangkan suami diperintahkan untuk membimbing istri menjalankan agamanya dengan baik. Karena itu, kalau istri tidak mau membatu suami menegakkan agama, apalagi merusak iman dan akhlak agama suami, sudah tentu ia menjerumuskan suaminya ke dalam neraka.

8. Mengenyampingkan Kepentingan Suami

Dari Aisyah ra, ujarnya : saya bertanya kepada Rasulullah SAW . : " Siapakah orang yang mempunyai hak paling besar terhadap seorang wanita?" Sabdanya : " Suaminya". Saya bertanya : " Siapakah orang yang paling besar haknya terhadap seorang lelaki. " Jawabnya : "Ibunya". (HR.Bazaar dan Hakim; Hadits hasan)

Jelaslah Hadits di atas bahwa kepentingan suami harus lebih didahulukan oleh seorang istri daripada kepentingan ibu kandungnya sesndiri.

9. Keluar Rumah Tanpa Izin Suami.

Istri ditetapkan oleh Islam menjadi wakil suami dalam mengurus rumah tangga. Karena itu bilamana ia keluar meninggalkan rumah, maka dengan sendirinya ia harus lebih dulu mendapatkan izin suaminya. Bila ia tidak minta izin dan keluar rumah dengan kemauannya sendiri, maka ia telah melanggar kewajibannya terhadap suami, sedangkan melanggar kewajiban berarti durhaka terhadap suaminya.

10. Melarikan Diri Dari Rumah Suami

Rasulullah saw bersabda : "Dua golongan yang sholatnya tidak bermanfaat bagi dirinya yaitu hamba yang melarikan diri dari rumah tuannya sampai ia pulang; dan istri yang melarikan diri dari rumah suaminya sampai ia kembali." (HR. Hakim, dari Ibnu 'Umar)

11. Menerima Tamu Laki-laki Yang Tidak Disukai Suami.

Dalam sebuah Hadits, Rasulullah telah menegaskan bahwa seorang istri diwajibkan memenuhi hak-hak suaminya. Diantaranya yaitu :
a. Tidak mempersilakan siapapun yang tidak disenangi suaminya untuk menjamah tempat tidurnya.
b. Tidak mengizinkan tamu masuk bila yang bersangkutan tidak disukai oleh suaminya.
(HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, Hadits hasan shahih)

12. Tidak Menolak Jamahan Lelaki Lain.

".... maka wanita-wanita yang shalih itu ialah yang taat lagi memelihara (dirinya dan harta suaminya) dikala suaminya tidak ada sebagaimana Allah telah memeliharanya..." (QS. An-Nisaa' (4) ayat 34)

Rasulullah menjelaskan bahwa seorang istri yang membiarkan dirinya dijamah lelaki lain boleh diceraikan. Hal itu menunjukan bahwa perbuatan istri tersebut adalah durhaka terhadap suaminya.

13. Tidak Mau merawat Ketika Suami Sakit.

Bila seorang istri menolak merawat suami yang sakit dengan alasan sibuk kerja atau tidak ada waktu karena merawat anak, maka ia telah melakukan tindakan yang tidak benar.

14. Puasa Sunnah Tanpa Izin Saat Suami Di Rumah.

Dari Abu Harairah, bahwa Rasulullah saw. bersabda: " Seorang istri tidak halal berpuasa ketika suami ada di rumah tanpa izinnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

15. Menceritakan Seluk Beluk Fisik Wanita Lain Kepada Suami.

Dari Ibnu Mas'ud, ujarnya : Rasulullah saw. bersabda: "Seorang wanita tidak boleh bergaul dengan wanita lain, kemudian menceritakan kepada suaminya keadaan wanita itu, sehingga suaminya seolah-olah melihat keadaan wanita tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim)

16. Menolak Kedatangan Suami Bergilir Kepadanya.

Seorang istri yang dimadu, tetap mempunyai kewajiban untuk mentaati perintahnya, menyenangkan hatinya, berbhakti dan selalu berperilaku baik kepada suaminya ketika ia datang bergilir.

17. Mentaati Perintah Orang Lain Di Rumah Suaminya.
18. Menyuruh Suami Menceraikan Madunya

19. Minta Cerai Tanpa Alasan Yang Sah.

20. Mengambil Harta Suami Tanpa Izinnya.



Share

62 komentar:

Leon mengatakan...

menurut ku, artikel ini akan lebih matang kalo batas2 suaminya pun di tulis. Karena poin2 diatas bisa membuat wanita bingung.

Bahkan ada seorang wanita yg tidak berani berpuasa, salat, dan berjilbab karena suami tidak mengijinkan.

(sementara di ayat lain mengatakan bahwa setiap manusia bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri. Diperkuat dengan ayat yg intinya berisi tentang seorang staff yg dihimbau untuk menolak tugas atasan yg menyalahi aturan agama)

Saya yakin pasti ada batas2 nya, untuk itu mohon di tulis ulang beserta batas2nya, sehingga jelas utk kedua belah pihak dan kejadian yg saya ceritakan di atas tidak terjadi.

Unknown mengatakan...

Saya juga setuju. Αϑα baiknya dituliskan juga batas-batas suami seperti apa yang suami yang harus dipatuhi sepwrti itu. Apakah aturan tersebut di atas berlaku juga pada suami yang tak pernah memperdulikan istrinya, tak memberi kasih sayang, tak menafkahi istrinya?

Helpius mengatakan...

dimana pun kaum hawa saat ini pasti inginn penyeimbang,ingin persamaan hak,ingin sama seperti laki-laki

HERLINA mengatakan...

Trims infonya yang pasti kita sebagai istri mengetahui batas yg boleh dan tidak boleh dilakukan.. ditunggu info menarik lainnya

syaifudin sae mengatakan...

buat saya yg penting nurut......ga neko'', bgitukan lbih enak.

ARTI KEHIDUPAN mengatakan...

hidup hati jodoh,,bersukurlah akan jodoh mu,,dmpingilah dia,arahkan lah dia,,sayangilah dia,,,

Wayang mengatakan...

sudah jelas bahwa kewajiban wanita ada 2 yaitu beriman kepada Allah dan rasul (ibadah) dan kedua patuh pada suami. Yg dibahas diatas hanya yg kedua.
Jadi puasa wajib, shalat wajib dan berjilbab itu tdk perlu ijin suami krn masuk yg pertama. dan iman kepada Allah diatas segalanya

La Tansa mengatakan...

knp yg ada istilah 'istri durhaka pd suami' tp sebaliknya tdk ada istilah 'suami durhaka thd istri'?
bgmn jika suami yg tdk memenuhi hak2 istri?
bgmn jika suami mengabaikn kewajibannya?
yg akhirnya si istri melakukan salah satu tindkn yg menurut artikel dianggap durhaka.

sudut hati mengatakan...

Biar bagaimanapun memang sudah kodratnya lelaki sebagai khalifah di muka bumi,, syurga seorang wanita bersuami di dlm ridho suaminya , sudah tentu batasannya akan sangat berbeda dgn kita. Saat kita sudah menikah itu tempat termudah kita mendpt pahala tp jg tempat termuda mendapat dosa jika lebih mementingkan hak kita kep suami daripada kewajiban kita

Junaedi Tarihoran mengatakan...

saya setuju dengan artikel diatas

RSI SAKINAH MOJOKERTO mengatakan...

ok

aritri18 mengatakan...

semoga selalu mengingatkan.

masterkreatif.com mengatakan...

Jika allah menyuruh-Ku (Memperbolehkan) seseorang untuk bersujud kepada seseorang lainnya, maka akan aku seru istri untuk bersujud kepada suaminya... (Al-Hadits)

W-Blog mengatakan...

Afwan...klo artikelnya di tulis seperti ini...akan menimbulkan aksen negatif tentang bagaimana Islam memperlakukan wanita. ane sarankan dilengkapi dengan hak2 istri terhadap suami. karena di artikel ini hanya tertulis hak2 suami terhadap istri.
1 lagi yang ane ingin tanya tentang point "1. Mengabaikan Wewenang Suami."
ane pernah baca tentang hal ini, tapi apakah benar sampai kepada detail perintah memindahkan gunung? bisa minta hadistnya?. seingat ane, menuruti suami itu wajib tapi bukan hal yang pertama!!!! bahkan ada perkara2 tertentu dimana sang istri boleh mengingkari suaminya.

Mas Minant mengatakan...

yang nulis artikel ber.istri belum ya ^_^

FX mengatakan...

artikel diatas saya simpulkan memang istri kagak ada hak apapun di hadapan suami menurut agama islam,tunduk-tunduk dan harus tetep tunduk perintah suami ,kasihan yang jadi kaum istri.teraniaya hak-hak nya.

DBB mengatakan...

‎''aku terima nikahnya si dia binti ayah si dia dengan Mas Kahwinnya ,,,,,,,''
Singkat, padat dan jelas. Tapi tahukan makna 'perjanjian/ikrar'' tersebut ?

''maka aku tanggung dosa2nya si dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yg telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yg berhubungan dgn si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yg menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku''.

Jika aku GAGAL?
''maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku''.
(HR. Muslim)

Duhai para istri,,
Begitu beratnya pengorbanan suamimu terhadapmu, karena saat Ijab terucap, Arsy_Nya berguncang karena beratnya perjanjian yg di buat oleh manusia di depan RABB nya, dgn di saksikan para malaikat dan manusia, maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu, maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu.

Tito Haripradianto, ST. MT. mengatakan...

1. Suami tidak boleh menggauli istri melalui dubur.
"ALLAH tidak akan melihat laki-laki yang menyetubuhi istri atau laki-laki lain melalui
duburnya." (Riwayat Tirmidzi, Nasa-i dan Ibnu Hiban)
2. Memenuhi kebutuhan istri tanpa syarat.
Hakim Ibnu Mu'awwiyah dari ayahnya berkata,"Wahai Rasulullah, apakah kewajiban
seorang suami terhadap istri² kami?" Beliau menjawab,"Berikan makan, jika engkau
makan, berikan pakaian, jika engkau berpakaian, jangan memukul wajah, jangan
menjelek-jelekkan, & jangan menemani tidur kecuali di rumah."

Anita Zulfa mengatakan...

Hadist HR MUSILIM no berapa ?

# JANGAN GEGABAH FORWARD BERITA DAKWAH #

بِسْــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Jangan gegabah dalam memberi info Agama sebelum kita yakini kebenarannya.

Sering kita menyebutnya sebagai amalan yg berpahala. Bisa jadi apa yg kita sebutkan itu hanyalah karangan manusia, bukan wahyu dari اللّه Ta'ala.
Padahal Agama ini adalah hak-milik اللّه, bagaimana manusia bisa mengarangnya? Sering kita dapat broadcast yg bentukanya: amalan ini dapat ini, amalan ini & itu jika dibaca sekian kali akan mendapat pahala ini & itu. Atau amalan dosa ini akan dapat siksa ini & itu.
Tanpa "dalil/dalil yg shahih" maupun "dasar kuat", atau malah membuat hadits palsu atau pernyataan sendiri & berbohong atas nama Agama.
سُبْحَانَ اللّهُ
Begitu mudahnya kita menjanjikan sesuatu tanpa dalil. Padahal itu adalah hak اللّه Ta'ala!
إنا لله
Lihat firman اللّه Ta'ala:
وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ تَرَى الَّذِينَ كَذَبُواْ عَلَى اللَّهِ وُجُوهُهُم مُّسْوَدَّةٌ
"Dan pada hari Kiamat kamu akan melihat orang² yg berbuat dusta atas nama اللّه, wajah² mereka menjadi hitam" [QS 39:60].

Dari Abu Hurairah رضي اللّه عنه berkata: "Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:
مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ
Barang siapa yg berdusta atas namaku dg sengaja, maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya di Neraka" [HR Bukhari #107; Muslim #3].

Al-Mughirah رضي اللّه عنه berkata: "Saya mendengar Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dg berdusta atas nama orang lain. Karena barang siapa yg berdusta atas namaku dgn sengaja, maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari Neraka" [HR Bukhari #1209; Muslim #4].

Mari kita berhati². Jangan sampai tangan kita menjerumuskan diri kita maupun orang lain ke dalam kesalahan.

Semoga bermanfaat.

Sumber berita yg di broadcast dari FB orang Malaysia dan pada artikelnya tidak mencantum kan (HR Muslim). Kenapa begitu sampe di Indonesia ada HR Muslim nya yah? https://www.facebook.com/media/set/?set=a.254320391274146.69338.194678240571695

amien_zc mengatakan...

assalaamu alaikum...mohon di-post-kan juga bagi suami-suami agar berumbang...maaf & terimakasih.

Ahmad Royhan mengatakan...

silahkan dilihat ya..
:)
http://www.dakwatuna.com/2011/07/13112/hak-istri-atas-suami/

TOKO FLANEL LITHA & Souvenir mengatakan...

kasihan si istri donk kalo hrus nurut2 aja ma suami smtra suaminya menuntut ilmu agama dan majlis talim aja ga pernah .bergaulnya jauh dr org2 saleh .kalo menguntungkan dia dalilny diinget2in ke istri trus tp kalo ngga, dia pura2 g tau dan ga mau dengar.gmn coba mau membimbing si istri kalo yg diminta hak nya terus?

NAYLA SHOPPING CENTRE mengatakan...

Jangan mengutip ayat dan hadits tanpa mengetahui makna yang dikandungnya. Pada prinsipnya, kedudukan perempuan dan laki-laki adalah sama namun yang membedakan adalah tanggungjawabnya. Tidak akan ada dalil yang mendukung bila anda memposisikan perempuan sebagai kaum marginal.
Tidak ada masalah bila istri lebih kaya, status sosialnya lebih tinggi, lebih terpandang dan terhormat selama kehidupan berumah tangga dapat dilalui dengan harmonis. Jangan lupakan betapa kayanya Khadijah yang dinikahi oleh Muhammad ketika beliau masih berumur 25 tahun.
Yang patut menjadi pegangan adalah bahwa Allah hanya melihat ketaqwaan manusia saja, tidak yang lain

KREDIT TANPA AGUNAN mengatakan...

saya setuju banget, soalnya saya skrng mengalami hal tersebut diatas. istri saya selingkuh karna ada seseorang yg mampu memenuhi semua kebutuhan dia sampai lupa akan anaknya sendiri.

lupus meong mengatakan...

Mungkin perlu di ingat, mengapa wanita di ciptakan pada awalnya? Wanita di ciptakan dari tulang rusuk lelaki. dari sini sudah ada beda antara wanita dan lelaki. wanita Di ciptakan untuk menemani sang lelaki. mungkin para wanita harus sadar akan hal tersebut. Tanpa lelaki tidak ada wanita. Sebaliknya lelaki harus menyayangi wanita dan menghargai wanita karena setelah Adam & Hawa turun ke dunia, wanitalah yang melahirkan para lelaki. Di lain pihak juga, wanita yg asal mulanya adalah tulang rusuk lelaki itu adalah tulang rusuk yg bengkok yg berada di dekat hati sang lelaki yg kalau tidak salah fungsinya untuk menjaga hati. Itulah perbedaan lelaki dan wanita, masing2 punya fungsi masing2. Tidak ada yg bicara soal kaya atau miskin, yang ada hanyalah lelaki tugasnya ini dan wanita tugasnya ini. sekali tugas2 ini terbalik....maka jangan bertanya terlalu jauh. Awalnya saja sudah terbalik apalagi akhirnya. capek dech....

toko andalus mengatakan...

kalau istri sudah mersa bisa ini itu apalagi kalau uda mersa membantu suami lambat laun pasti ada orang yang ke tiga di antaranya
1.saudara istri laki atau per
2.ibu istri mulai memasuk masukin faham yang ga bakal faham itu pasti bakal jadi percikan api ke hancuran umumnya di indo da banyak kejadian
3.tetangah
4.mertua sang suami asal mulanya ga suka sama si suami karna saling jatuh cinta jadilah pernikahan di situ sang mertua mulai sayang tapi hati hati di kala sang istri ada cekcok sedikit aja itu pasti bakal jadi ledakan besar alias si korban anaknya lah yang ga tau asal mulanya jadi korban

Hendra Wiguna mengatakan...

Apakah istri saya termasuk kedalam kategori tsb
karena istri saya tidak menurut dan selalu membantah perintah saya. .
Apa yang harus saya lakukan ??

Yuniningsih mengatakan...

ustadz abu haidar as sundawy pernah ditanya...
"bagaimana kita bersikap, jika kita mendapati bahwa istri kita punya
akhlak yang buruk?".. beliau menjawab: "maka hendaklah para suami ber introspeksi diri, karena bisa jadi..akhlak buruk seorang istri, adalah reaksi dari akhlak kita, mu'amalah dan mu'asyarah kita yang buruk pula terhadapnya"...

laginyarijalanpulang mengatakan...

dulu waktu mau menikah niatnya apa ya, kok sekarang jadi begitu.....jangan jangan niatnya ada yang gak bener makanya jadi amburadul......
setuju dengan mbak yuniningsih....introspeksi...intropspeksi..


ada yang bilang hidup itu "nyari jalan pulang", so jangan tambah dengan persoalan yang bikin "pencarian" jadi gak fokus.
kalau ndak mau diajak "nyari jalan pulang", yo wis biarkan yang diatas ngambil keputusan, sebagaimana biasanya.

marrent@97 mengatakan...

setuju sista anita zulfa...
semoga kita bisa lebih berhati2

okoen mengatakan...

Suami yg durhaka itu suami yg mengingkari janji2nya. Yg ia ucapkan ketika ijab kabul,jk ikrarnya sdah d langgar itu berarti durhaka trhadap Alloh. Nah wajar klo istri mulai berani,orang suaminya aja memberi contoh yg tdk baik. Ada hak ada kwajiban,jangan menuntut hak klo gak memenuhi kwajiban. Alloh maha bijaksana

cakefiona mengatakan...

Sedih banget nasibnya perempuan... Jadi ga mau nikah aja :( tinggal sendiri jg gpp kan...

seseorang mengatakan...

Dear para suami..

apakah kalian tau bahwa lebih banyak istri yang bersedih hati dari pada yang berbahagia?

apakah kalian tau banyak bayi terlahir cacat atau berpenyakit karena ulah sang ayah tidak peduli akan kesehatan fisik dan psikologis serta kebutuhan gizi istri kalian semasa hamil?

apakah kalian tau banyak ibu gagal menyusui bayinya dengan ASI eksklusif yang merupakan HAM bagi bayi dan dilindungi UU karena kurangnya dukungan dan ketidakpedulian suami dalam hal ini?

apakah kalian tau mencium kening istri dengan penuh cinta ketika bangun tidur dan setelab shalat berjamaah adalah hal super sepele yang dapat membuat istri good mood sepanjang hari?

apakah kalian tau membantunya mengerjakan pekerjaan rumah tangga adalah hal yang romantis bagi para istri?

apakah kalian tau menyalahkan istri akan perilaku anak yang tidak menyenangkan adalah kesalahan karena anak cenderung mengikuti perilaku ayahnya sebagi idola mereka?

apakah kalian tau pergi ke salon yang kalian anggap santai-santai dan mengahamburkan uang semata-mata hanya untuk melepas lelah agar siap kembali dengan rutinitas rumah tangga dan agar terlihat segar lagi cantik di hadapan kalian?

apakah klian tau bahwa jika kalian adalah lelaki yang saleh, penyayang, peduli terhadap istri, tidak menyakiti hatinya, dapat membimbingnya di jalan Allah dengan baik, maka dengan sendirinya para istri akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya?

dan apakah kalian ingat paa istri adalah penyempurna separuh agama suaminya?

mujahidah mengatakan...

Tetap tegar ikhlas dan slalu bersyukur dg smua yg Allah berikn u kt trmsk suami yg buruk akhlak.Alhasil Alhamdulillah skg suamiku amat sgt baik akhlak dan ibadahnya..smua karna kt lakukan krn Allah .*wida*,

~tidur~ mengatakan...

ini kan artikel membahas tentang istri durhaka. tentang istri yang taat pun pastinya ada. ini hanya pemilahan topik dalam satu artikel, bukan berarti maunya menulis ttg kedurhakaan istri.

the reason mengatakan...

Ada 10 poin lebih dari apa yg disebutkan diatas ada pada istri sya saat ini. Trus bgaimana sikap saya?

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

wanita yg comment di sini menyatakan suami dan istri sama kedudukannya, adalah kafir, sedang di firman Allah sudah menyebutkan dengan gamblang dan jelas, Telah ku lebihkan derajat kalian ( suami ) 1 tingkat di atas derajat golongan lainnya ( istri )

wanita munafik memang tidak baik, mendewakan kejeujuran dari suaminya memimpikan dan mendewakan kebenaran, tetapi dengan tegas menolak kebenaran dan kejujuran dari kata kata zat paling hakiki di alam semesta ini.

NAYLA SHOPING CENTER, jangan jadi wanita munafik, yang kamu katakan itu bukan ajaran Alquran dan Alhadist, melainkan ajaran ibu kartini.

Kamu menikah dengan menyebut Nama Allah dan berjanji di hadapan Allah, bukankah kamu menyebutkan Dengan Nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang, jadi seharusnya dan sewajibnya suami istri mengikuti aturan Allah dan hadist Rasullulah
, berbeda jika kamu menikah mengucapkan janji dengan nama Republik Indonesia atau Dengan nama presiden republik indonesia, maka aturan negara lah yg wajib kamu utamakan,

Dalam sebuah pernikahan Islam negara hanya mencatat, bukan mengesahkan, yang mengesahkah pernikahnmu itu Allah, melalui firman firmannya.

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

The reason, sebagai suami berpeganglah teguh pada aturan syar'i pernikahan muslim, jika ada masalah jangan sampai kamu mengucapkan kata cerai, ikuti tata cara yg Allah ajarkan untuk menegur istrimu,
1. tergulah dia dengan halus
2. tegurlah dia dengan kalimat kalimatku dengan keras dan tegas
3. tegurlah dia dengan pukulan yang tidak menyakiti raganya.
4. tinggalkan dia, ( jangan menceraikannya )

sesungguhnya suami menikah tanpa mengetahui peraturannya
mana batasan hak dan kewajiban suami dan istri, oleh karenanya sering terjadi konflik dalam berkeluarga.

5 sarat istri bisa mengajukan gugatan cerai pada suaminya ,
1. suami kafir atau murtad
2. suami gila
3. penyakit kulit yang tak tersembuhkan
4. kemaluan suami putus
5. melakukan kekerasan fisik yg membahayakan hidup dan jiwa istrinya.

tanpa 5 pasal tadi istrimu tidak bisa menuntut cerai dari suaminya , melainkan menempuh jalur khulu.

Khulu adalah jalur yang di berikan Allah pada seorang istri jika tidak lagi mampu hidup dengan suaminya oleh karena dasar sebab yang berkaitan dengan ego dan hati atau pribadi si istri,

caranya menurut islam adalah, si istri di wajibkan mengembalikan mahar dan bea yang sudah di keluarkan oleh suami ketika menikah.
maka si istri bebas mengambil ladangnya kembali.

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

@seseorang :

apakah kamu tau semua yang kamu katakan hanya satu yang sesuai dengan perintah Alquran dan Alhadist.

Sesungguhnya allah memasukan banyak wanita sebagai kayu bakarnya neraka karena kebanyakan wanita tidak tahan dalam menghadapi kesulitan dan kesusahan merawat anak dan melayani suami, juga karena kerap mengeluh.

bertoubatlah wahai istri dan wanita, sesungguhnya ancaman Allah telah nyata dalam tiap firmannya

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

@okoen : lalu apakah dalam ijab qabul di sebutkan janji dan aturan nikah bagi istri,

dan apakah jika suamimu lalai lalu ada ayat yg membenarkan kamu untuk menentang dan membangkang padanya.
dan membenarkan kamu berbuat semaumu sendiri.
kalau ada tolong sebutkan atau posting ayat tersebut.

yang seperti ini adalah pendapat wanita wanita kafir di jaman jahiliah

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

@cakefiona : sedih karena kamu tidak mau masuk surga, Firman Allah berbunyi, ganjaran bagi istri yg taat pada suaminya adalah pahala jihad. dan kamu bisa masuk surga dari pintu yang mana saja yg kamu mau

TITO SATRIO NUGROHO mengatakan...

@FX : jika bagi istri mengikuti Aturan tuhannya dan tauladan dari istri Rasullulah dan para sahabat sebelum kita, ada sebuah siksaan maka sesungguhnya dia adalah wanita kafir dan sangat buruk maka bagi wanita seperti ini nerakah adalah sebaik baiknya tempat baginya

Igen Aja mengatakan...

kebanyakan wanita memang menghuni neraka .. kecuali mereka yang mau sepenuhnya mempelajari dan menerima ajaran Islam

Yunita Nurudeen mengatakan...

Hati-hati di sini. Tidak ada yang dapat membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bebas untuk mendapatkan bantuan keuangan. Setiap jawaban dari pemberi pinjaman kredit atas pertanyaan Anda, Anda harus mengabaikan, karena Mereka Apakah Penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban yang saya robek Ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk saudara Kristen yang dimaksud saya untuk sebuah organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Ibu Clara, claraloans@financier.com.
Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika adik memberiku semata-mata untuk Untuk kontak lebih lanjut, saya menghubungi dia. Mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 75.000,00 USD dan dalam 48 jam setelah bertemu semata-mata untuk orang lanjut Untuk melawan persyaratan, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Saya akan menyesal Total hidupku, Karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Ridwan) dihadapkan dengan situasi hidup dan mati. Jangan ragu untuk menghubungi via Email: Claraloans@financier.com. Untuk pertanyaan lebih lanjut. hubungi saya via: Yunitanurudeen@gmail.com

IBU SUKMAWATI JAKARTA mengatakan...

SAYA SUDAH 5 TAHUN HIDUP RUMAH TANGA DAN SELAMAH ITU

SAYA HIDUP MENDERITA DAN SAYA SANGAT BERSHUKUR MELALUWI

JLN TOGEL INI SAYA BISA MERUBAH NASIB DENGAN BANTUAN AKY

YANG MEMBERIKAN ANGKANYA TADI 4D YAITU 3006 ALHAMDULILLAH

SUDAH TERBUKTI KE 3X NYA DAN SAYA MENAN 250,JUTA KALAU ANDA MAU BUKTI INI

NOMOR BELIAU 085_399_346_347

DEMIH ALLAH SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN,NYA SENDIRI

Michellen Haward mengatakan...

BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di Nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

joyce meyer mengatakan...

Halo, saya Ibu Joyce, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com

KASIH BAMBANG mengatakan...

Nama saya Kasih Bambang, saya dari Indonesia, saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya selama 2% dari Ibu Cahya Kirana, dan begitu banyak percaya pada pepatah bilang, apa yang Tuhan telah merancang kita untuk berada di Rencana induk menentukan ilahi iman dan kepercayaan dalam kehidupan. Tidak ada yang terjadi untuk apa-apa, tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ada tangan tak terlihat di affiars dari setiap hubungan dan bahwa tangan tak terlihat mendorong takdir ilahi kita, membawa kita ke tujuan. bahwa kita, dan bagaimana saya diarahkan untuk jenis hati manusia dari Tuhan. dia memang Tuhan yang dikirim kepada saya dan kehidupan keluarga saya, setelah foold dan ditipu oleh leanders pinjaman palsu di sini di internet, Allah mengarahkan saya untuk dia, tapi semua berkat Tuhan hari ini saya dan keluarga saya telah mampu untuk membersihkan utang kami dan kami memiliki sekali lagi ditemukan hapiness dalam hidup kita, sehingga saudara-saudara saya harap berhati-hati, tapi saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman hari menghubunginya dan saya asure Anda hapiness itu dan tersenyum pada wajah Anda akan menjadi porsi Anda semua hidup Anda Jika Anda melewati situasi keuangan, menghubunginya melalui email di cahya.creditfirm@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi saya di Email ini ,,, kasihbambang2012@gmail.com

Farida Agus Setiawati mengatakan...

Saya di sini untuk bersaksi tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa jaminan untuk hanya 2%.
Nama saya Farida Agus Setiawati dan saya kesaksian hidup dari kabar baik dari Amanda Badan Kredit.
Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
Hubungi Ibu Amanda hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan siapa pun di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujung, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman apapun dari mereka.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Write me melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

Sandra Fitra mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu.
Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2% .Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami membuat handal dan bantuan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman.

Jadi hubungi kami hari ini via email di: sandrafitraloanfirmltd@gmail.com

Salam Hormat,

Sandra Fitria

Setiabudi Ahmed mengatakan...

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 50 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Fatima Saheed mengatakan...

Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Farida Agus Setiawati mengatakan...

Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

Farida Agus Setiawati mengatakan...

Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

Rose Johnson Loan Firm mengatakan...

Halo, saya Mrs Rose, pinjaman pribadi pemberi pinjaman company.We memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan dan utang tyour pribadi dan memiliki business.loans Anda diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2% . Jadi hubungi kami hari ini via email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

Sarah Ahmad mengatakan...

Halo Semua,
Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis Anda atau di mana Anda menolak untuk memberikan pinjaman, atau Anda dalam utang atau yang Anda ditolak oleh bank untuk pinjaman, biaya untuk menghubungi saya sekarang dan mendapatkan pinjaman hari ini dari perusahaan kami tanpa agunan a. selama bertahun-tahun sekarang kami telah mengembangkan bantuan dan kesempatan untuk bantuan dari orang-orang seperti Anda yang membutuhkan untuk menjadi sukses dalam hidup Anda. dan saya juga ingin memberitahu Anda bahwa Anda selalu menyambut untuk perusahaan kami dan kami bekerja dengan kepercayaan dan iman dalam Tuhan, jadi jika Anda adalah orang yang yang membutuhkan semua bantuan ini, saya akan seperti Anda untuk menghubungi saya hari ini melalui sarahahmad. loanfirm@gmail.com

Theresa Theresa mengatakan...

Apakah Anda lelah mencari kredit? Anda terus-menerus ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kabar baik di sini! Kami menawarkan pinjaman berkisar antara R $ 7,000.00 USD 40,000,000.00 min Max. Pertama, setiap membatalkan pay-per-sedikit pun hanya memberikan pinjaman tanpa bunga 2%. Bersertifikat dan memakai diandalkan. Bukti Anda akan meyakinkan Anda. e-mail korporat: Theresaloancompany@gmail.com
Nomor telepon:
Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT. Memberikan kami informasi berikut: Nama Lengkap ............... Negara: Jenis kelamin ...........: ............ . Nomor telepon ......... ..... Diperlukan Jumlah: Panjang .............: ............... . ......... Pendapatan Bulanan: * Personal Loan (Tanpa Jaminan) * Pinjaman Bisnis: ................. Kami menawarkan jenis berikut pinjaman yang disetujui (tidak aman ) * Konsolidasi Pinjaman * Student Loan * Mortgage Investasi dan banyak lagi. Semua tanggapan harus dikirim ke Perusahaan Email:. Saya theresaloancompany@Gmail.com
Nomor telepon:
Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT

Rasheeda Muhammad mengatakan...

Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai saya datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan persyaratan.
Setelah saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam.
Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

Zatem Financial Service mengatakan...

Nama saya Dian Palmer S., Saya seorang pemberi pinjaman Uang terdaftar yang
diizinkan untuk memberikan pinjaman Jaminan kepada individu dan perusahaan Bisnis
dan juga untuk setiap tubuh yang membutuhkan bantuan keuangan di sini di United State dan di seluruh dunia.
Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini melalui transfer bank atau kasir cek
telah mengirimkan kepada Anda. Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
kami menawarkan baik pinjaman aman dan tidak aman.

Durasi Pinjaman: maksimum 6-15yrs
Jumlah Lendinf: $ 3000 $ 42Million

Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email berikut
addresss.
EMAIL: zatemfinservice@gmail.com

Untuk Pertanyaan / klarifikasi silakan email;
helpdesk@zatemfinancial.com atau Kunjungi: www.Zatemfinancial.com

Dan juga mengirimkan rincian yang dibutuhkan di bawah ini:
Jumlah Dibutuhkan:
Durasi pembayaran yang akan sesuai dengan rencana Anda:
CATATAN: semua balasan HARUS DIKIRIM KE ALAMAT INI EMAIL:
zatemfinservice@gmail.com
Saya menunggu respon Anda

Salam
Dian Palmer S.
Mission, Texas
956-513-0033
ZATEM JASA PINJAMAN KEUANGAN

Benjamin Sherman mengatakan...


Namaku benjamin sherman., saya terdaftar pemberi pinjaman uang yang
diizinkan untuk memberikan jaminan pinjaman kepada individu dan perusahaan bisnis
dan juga untuk setiap badan yang membutuhkan bantuan keuangan di sini di Amerika negara dan di seluruh dunia.
Apa pun yang membutuhkan pinjaman Anda adalah, jangka panjang atau jangka pendek pinjaman, pribadi
atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini melalui cek bank kawat atau kasir
telah mengirim kepada Anda. Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
Kami menawarkan pinjaman aman dan tidak aman.

Pinjaman durasi: 6-15yrs maksimum
Lendinf jumlah: $3000 - $42Million

Silahkan menghubungi kami dengan mengirimkan email ke email berikut
Addresss.
EMAIL:
shermanb205@Gmail.com

Untuk keterangan / penjelasan silakan email;

shermanb205@Gmail.com
Dan juga mengirimkan rincian ini diperlukan di bawah ini:
Jumlah yang diperlukan:
Durasi pembayaran yang akan sesuai dengan rencana Anda:
CATATAN: SEMUA BALASAN HARUS DIKIRIM KE ALAMAT EMAIL INI
shermanb205@Gmail.com
Saya menunggu tanggapan Anda

Salam
Benjamin sherman
Misi, Texas

Theresa Theresa mengatakan...

Apakah Anda seorang pedagang atau perempuan? Jika dalam apa-apa masalah keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau hutang untuk menyelesaikan Anda, atau apakah saya membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu adalah bank-bank lokal keras / mencari modal untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan yang lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

* Pinjaman Kendaraan
* Pinjaman Real Estat
* Pinjaman Bisnis
* Lainnya Pinjaman
* Kredit
* MasterCard

Silahkan hubungi kami melalui email: Saya Theresaloancompany@gmail.com
Catatan: Pinjaman memberi suku bunga tahunan hanya 2%. Silakan Anda akan diberi kredit dalam setiap negara di dunia harus diberitahu hunian.

Setiap pelanggan yang membutuhkan, harus memberikan kami informasi berikut untuk membuka file pengolahan pinjaman.

1. NAMA PENUH: ...............................
2. ALAMAT: .............................. .. ...
3. PEKERJAAN: .....................
4. NEGARA: ........................
5. KONDISI: ........................ ..
6. Kota: ...........................
7. SEKS: ............................
8. Umur ........................... ..
9. NOMOR PONSEL: ............ ..
10. JUMLAH KREDIT YANG DIPERLUKAN: ..........
11.Monthly Pendapatan ..................
12.DURATIO dari: ..................... ..
13. PINJAMAN TUJUAN ...............

Terima kasih atas kerjasama Anda
Theresa PINJAMAN PERUSAHAAN
EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

Theresa Theresa mengatakan...

Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal yang ingin mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

* Kredit Kendaraan
* Real Estate Pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman Lainnya
* Kredit
* MasterCard

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file proses pemberian kredit.

1. LENGKAP NAMA: ...............................
2. ALAMAT: .............................. .. ...
3. KERJA: .....................
4. NEGARA: ........................
5. KONDISI: ........................ ..
6. Kota: ...........................
7. SEX: ............................
8. Umur ........................... ..
9. PONSEL NOMOR: ............ ..
10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
Penghasilan 11.Monthly ..................
12.DURATIO dari: ..................... ..
13. PINJAMAN TUJUAN ...............

Terima kasih atas kerja sama anda
Theresa PINJAMAN PERUSAHAAN
ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Recent Post

Kisah Sedekah Yang Salah Alamat


Suatu ketika, Rasulullah Saw., seperti yang kerap beliau lakukan, berbincang-bincang dengan para sahabat di serambi Masjid Nabawi, Madinah. Selepas berbagi sapa dengan mereka, beliau berkata kepada mereka,

“Suatu saat ada seorang pria berkata kepada dirinya sendiri, ‘Malam ini aku akan bersedekah!’ Dan benar, malam itu juga dia memberikan sedekah kepada seorang perempuan yang tak dikenalnya. Ternyata, perempuan itu seorang pezina. Sehingga, kejadian itu menjadi perbincangan khalayak ramai.

“Akhirnya, kabar tersebut sampai juga kepada pria itu. Mendengar kabar yang demikian, pria itu bergumam, ‘Ya Allah! Segala puji hanya bagi-Mu.Ternyata, sedekahku jatuh ke tangan seorang pezina. Karena itu, aku akan bersedekah lagi!’

“Maka, pria itu kemudian mencari seseorang yang menurutnya layak menerima sedekah. Ternyata, penerima sedekah itu, tanpa diketahuinya, adalah orang kaya. Sehingga, kejadian itu lagi-lagi menjadi perbincangan khalayak ramai, lalu sampai juga kepada pria yang bersedekah itu.

“Mendengar kabar yang demikian, pria itu pun bergumam,’Ya Allah! Segala puji hanya bagi-Mu. Ternyata, sedekahku itu jatuh ke tangan orang kaya. Karena itu, aku akan bersedekah lagi!’

Maka, dia kemudian, dengan cermat, mencari seseorang yang menurutnya layak menerima sedekah. Ternyata, penerima sedekah yang ketiga, tanpa diketahuinya, adalah seorang pencuri. Tak lama berselang, kejadian itu menjadi perbincangan khalayak ramai, dan kabar itu sampai kepada pria yang bersedekah itu.

Mendengar kabar demikian, pria itu pun mengeluh, ‘Ya Allah! Segala puji ha¬nya bagi-Mu! Ya Allah, sedekahku ternyata jatuh ke tangan orang-orang yang tak kuduga: pezina, orang kaya, dan pencuri!’

Pria itu kemudian didatangi (malaikat utusan Allah) yang berkata, “Sedekahmu telah diterima Allah. Bisa jadi pezina itu akan berhenti berzina karena menerima sedekah itu. Bisa jadi pula orang kaya itu mendapat pelajaran karena sedekah itu, lalu dia menyedekahkan sebagian rezeki yang dikaruniakan Allah kepadanya. Dan, bisa jadi pencuri itu berhenti mencuri selepas menerima sedekah itu.”

(Diceritakan kembali dari sebuah hadis yang dituturkan oleh Muslim dan Abu Hurairah dalam Teladan indah Rasullulah dalam ibadah, Ahmad Rofi ‘Usmani)

Bersedekahlah Setiap Hari



“Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat.

Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”,

sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)”

(HR Bukhary 5/270)

Lihat catatan keuangan anda/keuangan perusahaan anda diakhir tahun ini!
Apakah pengeluaran lebih besar dari pemasukan? Jika Ya, berarti anda termasuk orang yang pailit.
Apakah pengeluaran dan pemasukan seimbang? Jika Ya, berarti anda termasuk orang yang rugi.
Apakah pemasukan lebih besar dari pengeluaran? Jika Ya, berarti anda termasuk orang yang beruntung.
Hari ini mesti lebih baik dari ari kemarin dan hari esok meski lebih baik dari hari ini.

Perbanyak infaq anda jika anda mengalami kerugian, jangan berhenti berinfaq ketika anda meraih keuntungan yang banyak. Justeru semakin banyak untung, akan semakin keranjingan berinfaq.

Ayo salurkan sebagian rezeki anda kepada orang-orang yang ada di sekitar anda, atau juga bisa melalui program yang kami tawarkan berikut ini :

1. Zakat
2. Infaq/shadaqah
3. Wakaf
4. Anak Yatim

Salurkan sebagian rezeki anda melalui salah satu nomor rekening berikut :
--> Bank Muamalat (Share) No Rek. 923 51458 47
--> Bank BNI Syariah No Rek. 0183033322 KC. Syariah Tanjung Karang,
--> Bank Syariah Mandiri No Rek. 0427083747 Cabang Bandar Lampung
--> Bank Mandiri No Rek. 114-00-0594415-5 KC. Kotabumi
--> Bank BRI No Rek. 0155-01-027512-50-8 KC. Kotabumi.
--> Bank BCA No Rek. 8110330589 KCP Kotabumi
Semua atas nama Wagimin.

Mohon konfirmasinya seberapapun harta yang anda infaqkan

Bila sudah ditransfer mohon konfirmasi via SMS ke nomor HP 0857 6999 7731 caranya :


1. Zakat
Ketik : ZAKAT_tanggal_nama_Asal_Bank_jumlah
Contoh : ZAKAT 01012011 Hamba Allah di Surabaya BNI Syariah Rp. 200 .000,-

2. Infaq/shadaqah
Ketik : INFAQ_tanggal_nama_Asal_Bank_jumlah
Contoh : INFAQ 01012011 Hamba Allah di Surabaya BNI Syariah Rp. 50.000,-

3. Waqaf
Ketik : WAQAF_tanggal_nama_Asal_Bank_jumlah
Contoh : INFAQ 01012011 Hamba Allah di Surabaya BNI Syariah Rp. 5.000.000,-

4. Anak Yatim
Ketik : YATIM_tanggal_nama_Asal_Bank_jumlah
Contoh : YATIM 01012011 Hamba Allah di Surabaya BNI Syariah Rp. 300.000,-


Terimakasih atas partisipasinya kepada rekan-rekan yang telah berbagi terutama buat mereka yang belum melakukan konfirmasinya, semoga Allah mengganti dengan yang lebih baik dan menjadi amalan yang akan memperberat amal kebaikan di yaumil akhir.

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/


Sedekah yang Utama

Shadaqah adalah baik seluruhnya, namun antara satu dengan yang lain berbeda keutamaan dan nilainya, tergantung kondisi orang yang bersedekah dan kepentingan proyek atau sasaran shadaqah tersebut. Di antara shadaqah yang utama menurut Islam adalah sebagai berikut:

1. Shadaqah Sirriyah

Yaitu shadaqah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Shadaqah ini sangat utama karena lebih medekati ikhlas dan selamat dari sifat pamer. Allah subhanahu wata’ala telah berfirman,
“Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. 2:271)

Yang perlu kita perhatikan di dalam ayat di atas adalah, bahwa yang utama untuk disembunyikan terbatas pada shadaqah kepada fakir miskin secara khusus. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis shadaqah yang mau tidak mau harus tampak, seperti membangun sekolah, jembatan, membuat sumur, membekali pasukan jihad dan lain sebagainya.

Di antara hikmah menyembunyikan shadaqah kepada fakir miskin adalah untuk menutup aib saudara yang miskin tersebut. Sehingga tidak tampak di kalangan manusia serta tidak diketahui kekurangan dirinya. Tidak diketahui bahwa tangannya berada di bawah, bahwa dia orang papa yang tak punya sesuatu apa pun.Ini merupakan nilai tambah tersendiri dalam ihsan terhadap orang fakir.

Oleh karena itu Nabi shallallahu ‘alihi wasallam memuji shadaqah sirriyah ini, memuji pelakunya dan memberitahukan bahwa dia termasuk dalam tujuh golongan yang dinaungi Allah nanti pada hari Kiamat. (Thariqul Hijratain)

2. Shadaqah Dalam Kondisi Sehat

Bersedekah dalam kondisi sehat dan kuat lebih utama daripada berwasiat ketika sudah menjelang ajal, atau ketika sudah sakit parah dan tipis harapan kesembuhannya. Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Shadaqah yang paling utama adalah engkau bershadaqah ketika dalam keadaan sehat dan bugar, ketika engkau menginginkan kekayaan melimpah dan takut fakir. Maka jangan kau tunda sehingga ketika ruh sampai tenggorokan baru kau katakan, "Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian." (HR.al-Bukhari dan Muslim)

3. Shadaqah Setelah Kebutuhan Wajib Terpenuhi

Allah subhanahu wata’ala telah berfirman,
“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah, "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.” (QS. 2:219)

Nabi shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Tidak ada shadaqah kecuali setelah kebutuhan (wajib) terpenuhi." Dan dalam riwayat yang lain, "Sebaik-baik shadaqah adalah jika kebutuhan yang wajib terpenuhi." (Kedua riwayat ada dalam al-Bukhari)

4. Shadaqah dengan Kemampuan Maksimal

Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alihi wasallam,
"Shadaqah yang paling utama adalah (infak) maksimal orang yang tak punya. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu." (HR. Abu Dawud)

Beliau juga bersabda,
"Satu dirham telah mengalahkan seratus ribu dirham." Para sahabat bertanya," Bagaimana itu (wahai Rasululullah)? Beliau menjawab, "Ada seseorang yang hanya mempunyai dua dirham lalu dia bersedakah dengan salah satu dari dua dirham itu. Dan ada seseorang yang mendatangi hartanya yang sangat melimpah ruah, lalu mengambil seratus ribu dirham dan bersedekah dengannya." (HR. an-Nasai, Shahihul Jami')

Al-Imam al-Baghawi rahimahullah berkata, "Hendaknya seseorang memilih untuk bersedekah dengan kelebihan hartanya, dan menyisakan untuk dirinya kecukupan karena khawatir terhadap fitnah fakir. Sebab boleh jadi dia akan menyesal atas apa yang dia lakukan (dengan infak seluruh atau melebihi separuh harta) sehingga merusak pahala. Shadaqah dan kecukupan hendaknya selalu eksis dalam diri manusia. Rasululllah shallallahu ‘alihi wasallam tidak mengingkari Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuyang keluar dengan seluruh hartanya, karena Nabi tahu persis kuatnya keyakinan Abu Bakar dan kebenaran tawakkalnya, sehingga beliau tidak khawatir fitnah itu menimpanya sebagaimana Nabi khawatir terhadap selain Abu Bakar. Bersedekah dalam kondisi keluarga sangat butuh dan kekurangan, atau dalam keadaan menanggung banyak hutang bukanlah sesuatu yang dikehendaki dari sedekah itu. Karena membayar hutang dan memberi nafkah keluarga atau diri sendiri yang memang butuh adalah lebih utama. Kecuali jika memang dirinya sanggup untuk bersabar dan membiarkan dirinya mengalah meski sebenarnya membutuhkan sebagaimana yang dilakukan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu dan juga itsar (mendahulukan orang lain) yang dilakukan kaum Anshar terhadap kaum Muhajirin.” (Syarhus Sunnah)

5. Menafkahi Anak Istri

Berkenaan dengan ini Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Seseorang apabila menafkahi keluarganya dengan mengharapkan pahalanya maka dia mendapatkan pahala sedekah." ( HR. al-Bukhari dan Muslim)

Beliau juga bersabda,
"Ada empat dinar; Satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau berikan untuk memerdekakan budak, satu dinar engkau infakkan fi sabilillah, satu dinar engkau belanjakan untuk keluargamu. Dinar yang paling utama adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu." (HR. Muslim).



6. Bersedekah Kepada Kerabat

Diriwayatkan bahwa Abu Thalhah radhiyallahu ‘anhu memiliki kebun kurma yang sangat indah dan sangat dia cintai, namanya Bairuha'. Ketika turun ayat,
"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai." (QS. 3:92)

Maka Abu Thalhah mendatangi Rasulullah dan mengatakan bahwa Bairuha' diserahkan kepada beliau, untuk dimanfaatkan sesuai kehendak beliau. Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam menyarankan agar ia dibagikan kepada kerabatnya. Maka Abu Thalhah melakukan apa yang disarankan Nabi tersebut dan membaginya untuk kerabat dan keponakannya.(HR. al-Bukhari dan Muslim)

Nabi shallallahu ‘alihi wasallam juga bersabda,
"Bersedakah kepada orang miskin adalah sedekah (saja), sedangkan jika kepada kerabat maka ada dua (kebaikan), sedekah dan silaturrahim." (HR. Ahmad, an-Nasa'i, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Secara lebih khusus, setelah menafkahi keluarga yang menjadi tanggungan, adalah memberikan nafkah kepada dua kelompok, yaitu:

  • Anak yatim yang masih ada hubungan kerabat, sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala,
    ”(Yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang masih ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir.” (QS. 90:13-16)
  • Kerabat yang memendam permusuhan, sebagaimana sabda Nabi,
    "Shadaqah yang paling utama adalah kepada kerabat yang memendam permusuhan.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzai, Shahihul jami')

7. Bersedekah Kepada Tetangga

Allah subhanahu wata’ala berfirman di dalam surat an-Nisa' ayat 36, di antaranya berisikan perintah agar berbuat baik kepada tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. Dan Nabi juga telah bersabda memberikan wasiat kepada Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu,
"Jika engkau memasak sop maka perbanyaklah kuahnya, lalu bagilah sebagiannya kepada tetanggamu." (HR. Muslim)

8. Bersedekah Kepada Teman di Jalan Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Dinar yang paling utama adalah dinar yang dinafkahkan seseorang untuk keluarganya, dinar yang dinafkahkan seseorang untuk kendaraannya (yang digunakan) di jalan Allah dan dinar yang diinfakkan seseorang kepada temannya fi sabilillah Azza wa Jalla." (HR. Muslim)

9. Berinfak Untuk Perjuangan (Jihad) di Jalam Allah

Amat banyak firman Allah subhanahu wata’ala yang menjelaskan masalah ini, di antaranya,
“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan ringan ataupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwa pada jalan Allah.” (QS. 9:41)

Dan juga firman Allah subhanahu wata’ala,
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar.” (QS. 49:15)

Di dalam sebuah hadits, Nabi shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Barang siapa mempersiapkan (membekali dan mempersenjatai) seorang yang berperang maka dia telah ikut berperang." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Namun perlu diketahui bahwa bersedekah untuk kepentingan jihad yang utama adalah dalam waktu yang memang dibutuhkan dan mendesak, sebagaimana yang terjadi pada sebagian negri kaum Muslimin. Ada pun dalam kondisi mencukupi dan kaum Muslimin dalam kemenangan maka itu juga baik akan tetapi tidak seutama dibanding kondisi yang pertama.

10. Shadaqah Jariyah

Yaitu shadaqah yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia. Nabi shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
"Jika manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga hal; Shadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaat dan anak shalih yang mendoakannya." (HR. Muslim).

Di antara yang termasuk proyek shadaqah jariyah adalah pembangunan masjid, madrasah, pengadaan sarana air bersih dan proyek-proyek lain yang dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat.

Sumber: Buletin “Ash-Shadaqah fadhailuha wa anwa’uha”, Ali bin Muhammad al-Dihami.

http://www.lazyaumil.org/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=101
 

Copyright © 2012. Mari Benahi diri - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz